Selasa, 13 Januari 2015

Pendakian Gunung Sindoro

Pendakian ke gunung sindoroo ini merupakan pendakian saya yang keempat.
Gunung Sindoro nama lain dari Sindara atau Sundoro, dengan ketinggian 3153 mdpl terletak di kabupaten Wonosobo dan kabupaten Temanggung – Jawa Tengah. Bersebelahan dengan saudara kembarnya yaitu Gunung Sumbing. Ada beberapa jalur pendakian ke Gunung Sindoro, antara lain Jalur Kledung (Temanggung), Jalur Sikatok (desa Sigedang – Kejajar Tambi kab. Wonosobo), Jalur Sibajak (Temanggung), Jalur Jlumprit (Dusun Katekan).

Pada pendakian ini saya berencana melakukan pendakian via jalur kledung
Kali ini saya mencoba mencari teman pendakian melalui forum backpakcer indonesia dan akhirnya hanya ada satu orang yang bisa ikut melakukan pendakian yaitu iqbal
Dua hari sebelum pendakian saya bertemu dengan iqbal untuk membahas segala macam barang dan alat yang diperlukan untuk melakukan pendakian. Setelah berkenalan dan berbincang akhirnya saya tahu ternyata iqbal belum pernah melakukan pendakian sama sekali. Saya merasa agak khawatir juga karena teman pendakian saya kali ini belum berpengalaman. Karena iqbal belum pernah mendaki jadi saya tidak terlalu menargetkan untuk dapat sampai ke puncak dikarenaka cuaca saat itu juga kurang bagus.
 22 Februari 2014
Pada pertemuan sebelumnya saya dan iqbal sudah sepakat untuk bertemu di kos saya dan berangkat jam 7.30 pagi menggunakan satu motor karena sebeumnya saya udah membuat itinerary sebagai berikut
7.30 - 11.30 : Berangkat dan perkiraan sampai di base camp kledung
20.00 – 01.30 : Masuk tenda..... Tidur (wajib),,,,
Minggu, 23 Februari 2014
01.30 – 02.00 : Persiapan summit
02.00 – 05.30 : Tracking ke puncak dan perkiraan sampai…Inilah sesi yang paling WOKEEEEE…..Sunrise di puncak SINDORO…… ( Jangan lupa shalat subuh)
05.30 – 07.00 : Menikmati puncak SINDORO 3153 Mdpl
07.00 – 09.00 : Tracking turun ke pos 3
09.00 – 10.30 : Istirahat, masak, makan, packing dan persiapan turun ke basecamp.
10.30 – 13.30 : Tracking turun dan perkiraan sampai di basecamp
13.30 – 14.30 : Sampai di basecamp, istirahat, bersih2.
14.30 – 16.30 : Perjalanan ke jogja

Sesampainya di basecamp kledung ternyata hujan turun cukup deras dan terpaksa saya menunda keberangkatan hingga hujan sedikit reda. Sambil menunggu hujan ini saya bertemu dan berkenalan dengan beberapa pendaki lain yaitu bang joe, bang aan, indra, dkk. Setelah berbincang cukup lama akhirnya kami memutuskan untuk berangkat bersama. Waktu pun menujukkan pukul 3 Sore dan hujan belum berhenti juga. Akhirnya kami memutuskan untuk berangkat walaupun cuaca saat itu kurang bagus. Tujuan kita adalah mendirikan tenda di Pos 3
Peta pendakian Gunung sindoro via kledung
Dari basecamp kledung ke pos 1 jalan yang dlalui berbatu rapi dengan lahan pertanian disampingnya sejauh sekitar 2km dan hutan pinus setelahnya menjelang Pos 1 Sibajing, dengan ketinggian 1.900 mdpl. Dari pos 1 kita berbelok ke kanan, kita akan mendaki dan menuruni 2 buah punggungan gunung.
Jalur bergeser kepunggungan yang lain melintasi beberapa jembatan kayu.pohon pinus dan lamtoro selama perjalanan akan membawa suasana sejuk.
Untuk sampai pos 3 kita akan melewati medan yang terjal dan berbatu, terdapat batu besar ditengah jalan setapak. kita bisa beristirahat diatas batu sambil menikmati keindahan alam sekelilingnya dan tentunya gunung sumbing yang tepat berada didepan pandangan kita. Jalan tanah berdebu bercampur kerikil seringkali menyulitkan pendakian. medan mulai terbuka selepas pos 2 sehingga pendakian disiang hari mungkin akan terasa panas, untungnya kami melakukan pendakian pada sore hari dan disaat hujan.

Pos 3 (Seroto)
Tepat pukul 9.30 akhirnya kami sampai berada di ketinggian 2.530 mdpl lokasinya terbuka dan cukup luas untuk mendirikan tenda.
Sesampai di pos 3 angin berhembus begitu kencang dan mulai membuat saya menggigil. Saya pun segera mendirikan tenda untuk istirahat. Setelah tenda berdiri kami masak sebentar untuk mengisi perut yang sudah sangat lapar. setelah itu kami beristirahat.
Pagi hari jam 5 saya bangun untuk melaksanakan kewajiban. Setelah itu saya melihat sunrise.
Dari pos 3 ini kita akan menyaksikan pemandangan yang sangat indah ke arah gunung Sumbing beserta sunrisenya. Foto nya ada di instagram saya. Silahkan cek sendiri ya haha. Setelah puas melihat sunrise kami pun sarapan dan bersiap untuk melanjutkan pendakian menuju puncak.
Pemandangan lereng terjal gunung Sindoro serta puncak bayangan yang nampak di depan mata sangat indah untuk dinikmati.

Dari pos 3 pendakian masih melintasi jalan berbatu yang terjal disertai dengan kerikil dan debu.
Meskipun medan sangat berat kawasan ini agak rindang karena banyak ditumbuhi oleh pohon lamtoro dan tanaman perdu setelah mencapai puncak bayangan pertama, pendaki harus menghadapi puncak bayangan berikutnya yang kelihatan sangat tinggi dan curam. selama perjalanan menuju puncak bayangan kedua medan akan terasa sulit ini dikarenakan medannya
sangat terjal dan terik mentari terasa menyengat.
Setelah melakukan pendakian selama 3,5 jam bau belerang pun mulai menyengat dan hal tersebut menandakan puncak sudah semakin dekat.
Sebelum sampai dipuncak tiba2 kabut tebal turun dan sedikit-demi sedikit hujan turun disertai angin yang kencang. Dikarenakan kondisi alam yang begitu ekstrim dengan berat hati saya pun memutuskan untuk turun karena keselamatan adalah segalanya. Dengan perasaan berat dan kecewa saya pun kembali ke pos 3. Satu jam setelah sampai di pos 3 kami bergegas packing untuk kembali pulang.

Sampai di basecamp jam 5 dan saya langsung pamit dengan bang jo, bang aan dan indra untuk pulang duluan sekalian titip salam kepada teman2 yang masih belum sampai di basecamp.